Pages

Saturday, October 14, 2023

Standar 2.1. Proses Pendaftaran Pasien.

 BAB II. LAYANAN KLINIS, PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN (LKPM).

 

Proses Pendaftaran Pasien

Standar 2.1.  Proses Pendaftaran Pasien.

Proses pendaftaran pasien dirancang dan dilaksanakan sesuai kebutuhan pelanggan dan didukung oleh sarana dan lingkungan yang memadai.

 

Kriteria 2.1.1. Praktik mandiri dilaksanakan sesuai dengan jadual buka pelayanan dan dilaksanakan tepat waktu

Elemen Penilaian:

1.  Ditetapkan jadwal buka pelayanan

2.  Tersedia informasi tentang jadual buka pelayanan

3.  Pelayanan dilaksanakan sesuai dengan jadual buka pelayanan

4.  Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap jadual buka pelayanan

5.  Terdapat pengaturan jika pasien membutuhkan pelayanan di luar jadual buka pelayanan

 

Kriteria 2.1.2. Prosedur pendaftaran dilaksanakan dengan efektif dan efisien dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan.

Elemen Penilaian:

1.  Tersedia prosedur pendaftaran

2.  Tersedia bagan alur pelayanan

3.  Keselamatan pelanggan terjamin di tempat pendaftaran

 

Kriteria 2.1.3. Informasi tentang pendaftaran tersedia dan terdapat dokumentasi tentang informasi tersebut di tempat pendaftaran

Elemen Penilaian:

1.  Tersedia media informasi tentang pendaftaran di tempat pendaftaran

2.  Semua pihak yang membutuhkan informasi tentang pendaftaran memperoleh informasi sesuai dengan yang dibutuhkan

3.  Pelanggan dapat memperoleh informasi lain tentang sarana pelayanan, antara lain jenis layanan, tarif, dan rujukan

4.  Pelanggan mendapat tanggapan sesuai yang dibutuhkan ketika meminta informasi kepada petugas

5.  Tersedia informasi tentang kerjasama dengan fasilitas rujukan lain

6.  Tersedia informasi tentang bentuk kerjasama dengan fasilitas rujukan lain

 

Kriteria 2.1.4. Hak dan kewajiban pasien, keluarga, dipertimbangkan dan diinformasikan pada saat pendaftaran.

 Elemen Penilaian:

1.  Hak dan kewajiban pasien/keluarga diinformasikan selama proses pendaftaran dengan cara dan bahasa yang dipahami oleh pasien dan/keluarga

2.  Hak dan kewajiban pasien/keluarga diperhatikan oleh dokter dan petugas selama proses pendaftaran

3.  Pendaftaran dilakukan oleh petugas dengan memperhatikan hakhak pasien/ keluarga pasien

4.  Petugas tersebut bekerja dengan efisien, ramah, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan

Petugas memperhatikan kendala fisik, bahasa, budaya, dan penghalang lain dalam memberikan pelayanan

No comments:

Post a Comment

BIANG KEROK PERANG DUNIA 1

  Hai   semuanya,   kami   kembali   ke   artikel   blog   Zenius   untuk   berbagi   beberapa   fakta   menarik   tentang   kisah   tersebu...